Rabu, 05 Juni 2019

Pengenalan Microsoft word 2010 dan fungsi menu Microsoft word 2010

Dalam artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan secara detail mengenai menu serta fungsi dari setiap masing - masing menu yang terdapat di office word 2010. Tetapi sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit mengenai Microsoft word 2010.

Microsoft Word 2010
Microsoft word 2010 adalah aplikasi pengolah kata yang merupakan kelanjutan dari lanjutan dari versi sebelumnya. Aplikasi pengolah kata produk Microsoft ini  dirancang untuk membantu Anda membuat dokumen profesional berkualitas seperti laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, tabel dan masih banyak lagi dokumen-dokumen yang dapat dikerjakan dengan menggunakan Microsoft Word terutama Microsoft Word 2010.

Microsoft Word 2010 juga dilengkapi dengan fasilitas dan fitur terbaru dan canggih diantaranya fasilitas digital signature, publikasi dokumen ke dalam format PDF dan XPS dan masih banyak lagi keunggulan-keunggulan lainnya yang dapat kita rasakan ketika menggunakan progam Microsoft Word 2010.


  • Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word 2010

Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word 2010 adalah sebagai berikut :
-Tab File
-Tab Home
-Tab Insert
-Tab Page Layout
-Tab References
-Tab Maillings
-Tab Review
-Tab View


  • Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 2010

Ribbon jika diartikan secara menyeluruh adalah bagian utama menu office word 2010 yang menampilkan beberapa menu akses cepet seperti Tabs menu, Groups Menu dan Command.

Namun jika kita artikan secara spesifik Ribbon adalah suatu kumpulan tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana kumpulan-kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa dari setiap tool-tool tersebut mempunyai fungsi kerja masing-masing dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam kategori ribbon adalah sebagai berikut:

  1. Tabs Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan berisi beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan berdasarkan tabs tertentu seperti Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
  2. Groups - Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur perintah tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs menu pada Ribbon, seperti groups clipboard, group font dan group paragraph.
  3. Commands- Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul dalam setiap kelompok seperti yang disebutkan di atas


  • Pengertian Title Bar Office Word 2010

Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word .


  • Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File


  1. Save - Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer.
  2. SaveAs - Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format lain seperti PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya.
  3. Open- Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office word 2010.
  4. Close- Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan.
  5. Info Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat.
  6. Recent- Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
  7. New- Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office word 2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design template dll.
  8. Print- Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta kalian juga dapat mengatur setelan print out yang diinginkan.
  9. Save& Send - Untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian buat, salah satunya adalah langsung mengirimnya ke alamat email atau blog khusus.
  10. Help- Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di office word 2010.
  11. Options- Untuk melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010, seperti display, theme, font default dll.
  12. Exit- Untuk keluar dari aplikasi word 2010


  • Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab Home


  1. Paste - Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah kalian salin di sumber lain.
  2. Cut- Untuk memotong tulisan atau gambar yang kalian seleksi di dalam dokumen.
  3. Copy- Untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen word.
  4. FontStyle - Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang kalian inginkan.
  5. Bold(B) - Untuk membuat tulisan menjadi tebal.
  6. Italic(I) - Untuk membuat tulisan menjadi miring.
  7. Underline(U) - Untuk membuat tulisan bergaris bawah.
  8. abc- Untuk membuat tulisan coret.
  9. Superscriptdan Subscripot X2  -  Untuk membuat pangkat pada tulisan seperti kuadrat, meter persegi, Kubik Dll. Untuk contoh penulisannya kalian bisa lhat Di Artikel ini.
  10. FontSize - Untuk merubah ukuran tulisan.
  11. AStyle - Untuk membuat style atau gaya pada tulisan.
  12. HighlightText (ab) - Untuk memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen.
  13. Fontolor (A) - Untuk merubah warna huruf atau tulisan di dalam dokumen.
  14. AlignLef t- Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kiri.
  15. AlignCenter - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata tengah.
  16. AlignRight - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kanan.
  17. AlignJustify - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi seimbang kanan dan kiri.
  18. ShadingColor - Untuk merubah warna blok pada tulisan dokumen (background color).
  19. IconTabel - Untuk membuat tabel secara manual.
  20. Bullets- Untuk membuat icon kecil disamping tulisan.
  21. Numbering- Untuk membuat nomor disamping tulisan.
  22. MultilevelList - Untuk membuat kombinasi list antara bullets dan numbering.
  23. Increasedan Decrease - Untuk menambahkan dan mengurangi lebar paragraf.
  24. Sort- Untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkan angka
  • Pembagian dan fungsi Menu Pada Tab Insert


  1. Cover Page - Untuk membuat cover halaman pada dokumen.
  2. BlankPage - Untuk menambah halaman baru pada dokumen yang sedang dikerjakan.
  3. PageBreak - Untuk memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya, seperti ketika kalian akan membuat dua mode kertas yang berbeda didalam satu dokumen, contohnya bisa kalian lihat di Artikel ini .
  4. Table- Untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen.
  5. Picture- Untuk menambahkan gambar dari galeri komputer.
  6. ClipArt - Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan dari word 2010.
  7. Shapes- Untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung, segitiga, kubus dll.
  8. SmartArt Untuk membuat smartart seperti diagram batang, circle proses dll.
  9. Chart- Untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur lalu lintas.
  10. Screenshot- Untuk memasukkan hasil screenshot atau tangkapan layar di komputer secara cepat.
  11. Hyperlink- Untuk memasukkan link alamat website kedalam teks.
  12. Bookmark- Untuk menyimpan bagian dari dokumen yang kalian anggap penting.
  13. Header- Untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen kalian atau juga bisa dikatakan sebagai hak cipta kalian.
  14. Footer- Sama seperti header, namun letaknya berada dibawah dokumen.
  15. PageNumber - Untuk membuat nomor halaman pada dokumen.
  16. TextBox - Untuk membuat tek didalam kotak.
  17. Wordart- Untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya yang unik.
  18. DropCap - Untuk membuat tulisan seperti bentuk koran, dimana huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi besar.
  19. Equation- Untuk menambahkan simbol matematika  didalam dokumen.
  20. Symbol- Sama dengan fungsi Equation
  • Pembagian dan Fungsi Menu Pada tab Page Layout
  1. Themes- Untuk membuat theme atau tema yang akan kalian gunakan.
  2. Margins- Untuk mengatur ukuran dari kertas yang akan kalian gunakan.
  3. Orientation Untuk mengatur mode kerta, apakah portrait atau landscape.
  4. Size- Untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kalian gunakan.
  5. Column- Untuk menentukan mode kolom tulisan pada setiap halaman dokumen.
  6. Watermark- Untuk membuat gambar transparan pada halaman dokumen yang bisa disebut juga sebagai identitas asli dari dokumen yang kalian buat.
  7. PageColor - Untuk menentukan warna atau gambar yang akan kalian jadikan background.
  8. Pageborder - Untuk membuat bingkai halaman.
http://sakuonline.blogspot.com/2019/05/kesalahan-fatal-membuat-nama-blog-oleh.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar